Selasa, 23 September 2008

4 Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi Dipastikan Maju dari Jalur Parpol

Pilkada Kabupaten Dairi yang akan digelar 27 Oktober 2008, sudah memasuki tahap pendaftaran pasangan calon (paket). Salah satu persyaratan penting adalah ketersediaan dan kesediaan Partai Politik sebagai kenderaan politik yang acap disebut “perahu”. Di samping berbagai persyaratan formal, informal dan non-formal.

Setidaknya empat pasang kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi periode 2009-2014 dipastikan maju melalui jalur politik (Parpol) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Dairi yang dijadwalkan 27 Oktober mendatang. Sementara itu, beberapa pasang kandidat dari jalur non parpol (independen ) juga telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.


Ke-4 pasang kandidat itu adalah Drs.KRA Johnny Sitohang Adinegoro dan Irwansyah Pasi SH melalui Partai Golkar yang sudah ditetapkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Yusuf Kalla pada 14 Mei 2008 berdasarkan hasil Rankerda Partai Golkar Dairi 26 April lalu.Drs. Parlemen Sinaga dan Dr.Budiman Simanjuntak dengan koalisasi 9 parpol (Partai Buruh, PBB, PBR, PDK, PIB, PKB, PKPB, PKPI, dan PSI) yang diteken bersama pada 1 juli 2008 dengan ketua koalisasi Mangasa Sinaga dari PDK ( Anggota DPRD Dairi). Tagor H Sinurat MSc dan Ir.Arson Sihombing melalui PDIP berdasarkan surat rekomendasi DPP PDIP tertanggal 10 Juli 2008. Lalu, pasangan Tumpal Samuel Mangasa alias “Tom”Sianturi dan Dra Remita Br Sembiring, sebagaimana diutarakan Tom kepada SIB disaksikan Ketua DPC Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) Dairi Daulat Sianturi di Hotel Grand Antares Medan Sabtu pekan lalu, akan maju melalui koalisasi 6 parpol, yaitu : PAN, Partai Demokrat, PDS, PNI Marhaenisme, PPD, dan Partai Patriot.

Sedangkan Prof.Dr Manumpan Simbolon SH Msi, kepada SIB melalui telepon selulernya dari Jakarta, mengaku sedang konsolidasi dengan pihak pendukungnya di Dairi untuk menjajaki jalur koalis parpol kecil non-parlemen,setelah diprediksikan gagal melaju melalui parpol PDIP. Rencananya, Manumpan akan berpasangan dengan Kepler Bintang SH, dan Kepler sendiri membenarkannya ketika dikonfirmasi SIB Selas(15/7) kemarin.Semula, dia mendaftar sebagai bakal calon Dairi 1 (Bupati) juga.

“Selain beberapa pasang kandidat jalur independen yang sudah mendaftar ke KPUD, ada empat pasang kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati jalur Parpol yang akan bertarung dalam Pilkada Dairi tahun ini, Mereka memang belum mendaftar resmi ke KPUD, tapi dipastikan kaju karena ‘perahu’nya sudah final dari parpolnya masing-masing,” ujar Sabam Sibarani dan Pantas Siregar, keduanya politisi muda pendukung kandidat Jhonny Sitohang dan Parlemen Sinaga,kepada SIB Selasa(15/7) kemarin.

Tiga dari empat pasang kandidat itu adalah kalangan birokrat, dan hanya pasangan TOM-Remita yang berasal dari swasta. Jhonny adalah wakil Bupati Dairi dan pasanganya Irwansyah Pasi adalah Kepala Kantor PMD Dairi. Tagor Sinurat Adalah Kepala Dinas PU dan Arson adalah Anggota DPRD. Parlemen Sinaga adalah Kepala Dinas Kependudukan atau mantan Kadis Pemda Dairi, dan pasangannya Budiman Simanjuntak adalah Kadis Kesehatan Kab. Dairi.

Melalui masing-masing kubu dan tim sukse (TS-TS)nya, setiap pasangan kandidat itu telah punya basis pendukung dari segi wilayah maupun komunitas. Duet Tagor-Arson disebut-sebut akan didukung barisan marga yang dominan didaerah itu, Jhonny-Irwansyah didukung kalangan gereja dan keluarga besar PNS serta dunia usaha, Parlemen-Budiman didukung kalangan lintas marga dan gereja, serta TOM-Remita didukung kalangan petani, guru-guru dan para orang tua murid disebagian besar wilayah kecamatan.`

“Ketiga pasang kandidat : Jhonny-Irwansyah, Parlemen-Budiman, dan Tom-Remita, aktif muncul bersama dihadapan publik atau pendukungnya bila ada acara. Kalau Tagor selama ini muncul tunggal karena baru sekarang diketahui siapa pasangannya (Arson Sihombing),”ujar mereka menaggapi tuntasnya jawaban publik Dairi tentang spekulasi kandidat pasangan Tagor selama ini.
Arson Sihombing, kepda SIB melalui telepon selulernya Selasa siang (15/7) kemarin mengaku salah satu Alumni Univesitas Sisimangaraja XII dari Fakultas Teknik Jurusan Elektro angkatan (stambuk) tahun 1991 dan lulus tahun 1996. Dia juga mengaku talah mengadakan silaturahmi kecil dengan rekannya di Dairi sesama alumni ata rekan yang pernah sama-sama kuliah di US XII.

http://www.dairikab.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=136&Itemid=100

Tidak ada komentar: